November 14, 2012

Semen Gresik Segera Akuisisi Saham Thang Long Cement

PT Semen Gresik (Persero) Tbk (SMGR) menandatangani kesepakatan Penjualan dan Pembelian Bersyarat (CSPA) dengan Ha Noi General Export Impor Joint Stock Company (Geleximco) untuk menjadi pemegang saham terbesar di Thang Long Cement.

Rencana transaksi tersebut tergantung dari pemenuhan persyaratan yang disepakati antara Semen Gresik [SMGR 14,900 200 (+1,4%)] dan Geleximco yang diharapkan dapat diselesaikan pada pertengahan Desember 2012.

Direktur Utama Semen Gresik, Dwi Soetjiptjo, mengatakan investasi SMGR di Thang Long Cement merupakan langkah strategis untuk mewujudkan visi SMGR untuk menjadi perusahaan semen regional dan akan menjadi tonggak dalam ekspansinya di luar Indonesia. "Kerja sama ini akan menjadi tonggak bagi perluasan pertama yang kami lakukan di pasar regional dan menandai hubungan bilateral yang penting antara Indonesia dan Vietnam," ujar Dwi.

Thang Long Cement (TLCC) merupakan salah satu perusahaan penghasil semen terkemuka di Vietnam dengan total kapasitas produksi 2,3 juta ton per tahun. TLCC memiliki tambahan dua izin pengembangan pabrik baru di Provinsi Quang Ninh dan Binh Phuoc, Vietnam.

SMGR dan Geleximco bersama-sama akan mengembangkan kedua pabrik tersebut melalui anak perusahaan TLCC. Tambahan dua pabrik tersebut merupakan potensi dalam meningkatkan kapasitas TLCC menjadi 6,5 juta ton untuk memenuhi kenaikan permintaan pasar domestik Vietnam, sekaligus merupakan potensi untuk memenuhi kekurangan pasokan di pasar regional. Tambahan aset tersebut akan meningkatkan secara signifikan jejak SMGR di kancah internasional.

Dwi mengatakan dengan pengamanan cadangan bahan baku serta pengembangan pabrik baru di lokasi yang strategis dan berteknologi modern, TLCC langsung memberikan tambahan kapasitas dan cadangan batu kapur bermutu tinggi yang sangat mencukupi. "Hal ini akan memperkuat posisi pasar regional dan memungkinkan kami untuk lebih berdaya saing sebagai antisipasi perdagangan bebas Asia yang akan datang," ujar Dwi.

Transaksi akan dibiayai dari sumber dana internal dan eksternal. JP Morgan (S.E.A) Ltd bertindak sebagai penasihat SMGR dan An Binh Fund Management Company (ABF) sebagai penasihat keuangan Geleximco. Melli Darsa & Co bertindak sebagai penasihat hukum SMGR dan Vision & Associates sebagai penasihat hukum Geleximco.(Roni) Sumber: ipotnews

No comments: